Mayoritas Usaha Baru Hanya Bertahan di 3 Tahun Pertama, Fakta Atau Mitos

 

Banyak entrepreneur cepat puas dengan pencapaian kesuksesan bisnis yang seperti roket, tapi akhirnya mereka terjungkal sebelum mengecap keberhasilan yang sebenarnya. Apa yang menyebabkan usaha baru hanya bertahan di 3 tahun pertama?

 

Terlalu Fokus Pada Produk

Produk ini bisa berupa jasa atau barang. Kita tahu bahwa produk adalah jantung dari sebuah perusahaan. Di awal berdirinya sebuah perusahaan, produk yang baru menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Kesuksesan singkat bisa saja diraih oleh perusahaan.

Ketidakmampuan perusahaan dalam menangkap kebutuhan konsumen adalah hal yang akan terjadi ketika perusahaan terlalu fokus pada pengembangan produk.

 

Tidak Belajar dari Kompetitor

Ketidakpekaan terhadap pasar akan menjadi pemicu bangkrut. Ketidakpekaan terhadap pergerakan kompetitor atau pesaing juga perlu diperhatikan. Kekalahan bersaing dengan kompetitor sama dengan atlet yang kalah bertarung di arena pertandingan.

Bagaimana perusahaan bisa melakukan inovasi atau terobosan dengan produk kompetitor di pasar jika tidak bisa mengamati pergerakan kompetitor? Belajarlah dari kompetitor, bukan untuk semata-mata bersaing, namun membuka peluang-peluang kebaikan yang baru.  

 

Buru-buru Ekspansi

Sebagian besar pemilik bisnis menganggap ekspansi adalah langkah utama dan penting bagi keberlangsungan bisnis itu ketika ingin menjadikannya bertahan lama. Tapi, tidak sedikit yang berpikir bahwa mengekspansi bisnis itu adalah suatu tahapan yang tidak mudah.

Sebelum bertanya ‘bagaimana caranya’, ternyata ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan ekspansi bisnis. Macam-macam rencana untuk melakukan ekspansi, misalnya menambahkan produk dan layanan baru, memperluas target wilayah penjualan, membuka toko baru baik secara offline maupun online.

Sebelum itu, pastikan untuk kuat di pusatnya, artinya harus memiliki sistem yang kuat yang menjadi tumpuan.

Jika ada yang menyebutkan kalau mayoritas usaha baru hanya bertahan di 3 tahun pertama, fakta atau mitos? Itu tergantung dari bagaimana cara mengelolanya. Hal seperti itu memang lazim terjadi pada usaha-usaha baru, tetapi bukanlah itu yang paling penting.

Karena lebih penting bagaimana kita bisa mengambil pelajaran darinya. Saat entrepreneur mampu menerapkan pelajaran itu dalam langkah selaanjutnya, maka mereka sedang membangun keberhasilan sebenarnya. Apapun yang terjadi, anggaplah kegagalan sebagai proses yang harus dijalani dan dinikmati agar diri kita menjadi sosok pribadi yang pantas untuk menikmati sukses.

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!

 

 

Halo sahabat bisnis, ikuti seminar kami:

30 Oktober 2018 di Novotel Hotel Solo

Rahasia Besar Jualan Jaman Now

INFO : 08112652244

DAFTAR YUK !!