Saatnya Miliki Lebih Banyak Waktu Santai di Rumah dengan 5 Tips Ini

 

Di tengah kesibukan yang terus bergulir, waktu santai di rumah seperti barang mahal yang perlu diperjuangkan untuk mendapatkannya. Tapi, itu bukan hal yang mustahil selama kita tahu kuncinya. Bahkan Anda bisa menjadikan aktivitas Anda yang bekerja sendiri untuk Anda. Bagaimana maksudnya? Ini adalah tentang memperlakukan hal-hal dengan efektif dan efisien.

 

1.Buatlah Sistem yang Teratur

Jika Anda menghabiskan berjam-jam setiap bulan untuk mencari sepatu atau kunci yang hilang, buatlah sistem yang teratur sehingga barang sehari-hari untuk setiap anggota keluarga memiliki tempat yang teratur. Bahkan, untuk mencegah stres pagi, lakukan pemeriksaan sebelum tidur untuk memastikan bahwa pakaian dan sepatu hari berikutnya sudah siap.

 

2.Andalkan Teknologi

Saat gadget di genggaman, banyak urusan sehari-hari terselesaikan karena bantuan teknologi. Sebut saja misal aplikasi shopping dan fintech di mana satu aplikasi bisa melayani banyak kebutuhan.

 

3.Memasak yang Simple

Ketika Anda harus lembur di tempat kerja dan tidak punya waktu untuk memasak, sayuran ekstra di kulkas yang masih bisa diolah keesokan harinya ternyata dapat menghemat waktu. Carilah resep secara online yang mudah dan disukai keluarga.

 

4.Libatkan Anak-anak untuk Pekerjaan Domestik

Katakanlah Anda memiliki anak balita dan ingin mengajaknya melakukan pekerjaan bersama. Anda mungkin bisa saja melipat pakaian dan membereskan meja lebih cepat daripada anak-anak 5 tahun. Tapi bagi Anda seorang ibu adalah mengajarkan seorang anak untuk menjadi mandiri. Ciptakan semacam game bersih-bersih keluarga, di mana orang dewasa dan anak-anak bersaing untuk melihat siapa yang paling berhasil melakukannya dengan cepat.

 

5.Mengubah Ritme Kerja

Lihat apakah tempat kerja Anda akan memperbolehkan Anda tiba lebih awal (atau lebih akhir) di kantor atau mengizinkan Anda bekerja dari rumah satu hari dalam seminggu. Sebelum mendekati atasan Anda, tanyakan kepada rekan kerja atau HRD untuk mengetahui apakah itu permintaan yang masuk akal.

Jika Anda harus memeriksa email kerja atau pribadi, periksalah pesan sebelum anak-anak bangun di pagi hari atau setelah waktu tidur mereka. Hal yang sama berlaku untuk berbicara di telepon, tunggu sampai anak-anak di tempat tidur.